Ada cerita di lab. farmakologi part 1

ruang lab. FarmakologiSssssst…. ada cerita di lab Farmakologi..Secret telling smile

Laboratorium Farmakologi Universitas Andalas

Sejak semeter I di Farmasi, saya sudah tertarik dengan lab yang satu ini. Bahkan udah berangan-angan bakalan penelitian di laboratorium ini. Alasan pertamanya sih karena saya menyukai pelajaran biologi saat SMA (jadi karena ga da mata kuliah biologi, farmakologi pun jadi sasaran). Alasan keduanya adalah saya sangat menyukai hewan mungil berwarna putih yang memang merupakan ciri khas lab ini. Malah karena saking sayangnya sampe ga tega dibunuh. Tapi mau gimana lagi, demi penelitian dan kemaslahatan umat manusia (oalaaah… apa pulak ni) saya dengan terpaksa harus merelakan mereka meregang nyawa di tangan saya…Sad smile. Walaupun demikan, seperti yang saya tuliskan sebelumnya bahwa ini demi penelitian jadi mereka pun pasti gugur dengan bangga…

Ok.. First…Let’s talk about the laboratory..

Letak dan kondisi

Laboratorium ini masih berdiri utuh di lantai II laboratorium Farmasi, bertetangga dengan laboratorium formulasi sediaan steril dan laboratorium anfisman dan serologi (yang ini malah berbagi ruangan Laughing out loud). Letak labotratorium ini cukup strategis karena berada di ‘pusat Fakultas Farmasi’. Maksud saya, laboratorium ini berada di dekat tempat-tempat penting seperti dekanat farmasi, musholla, kafe farmasi, dan sekre BEM.. Jadi kalo mau shalat, makan, ngurus2 sesuatu ke dekanat atau sekre BEM, tinggal jalan sebentar.

Kondisi? Kondisi laboratorium ini bisa dibilang siaga satu pasca peristiwa G30S, namun masih terbilang ‘layak huni’ karena masih punya lantai, dinding, dan atap..

Apa ceritanya??

Tahun ini, lab farmakologi memang merupakan lab dengan penghuni paling rame dan paling heboh. Gimana ga? lebih dari 30 mahasiswa farmasi yang melakukan penelitian di lab. ini. Baik mahasiswa S1 maupun S2, all age lah pokoknya..

Tiap hari ada saja cerita lucu and kejadian ajaib di lab ini. Mulai dari cerita mencit yang nekat bunuh diri dengan cara berenang with gaya batu, mencit yang mati suri, mencit yang belum tewas tapi udah jadi ‘sundel bolong’, mencit yang muntah darah, kematian massal di ‘kamar metabolit’ (red: kamar tempat disemayamkannya kandang2 metabolit), tikus yang paling rajin melarikan diri (sepertinya majikannya perlu diinterogasi Sarcastic smile),  dll.

Naah… itu cerita dari hewan ujinya. Kalo cerita dari penelitinya sendiri malah lebih keren. Ada cerita tentang peneliti yang multitalented alias berbakat di segala bidang (menggorok, menyonde, dislokasi leher, bedah mata, menginjeksi secara ip, nguras bak, bersihin kandang … *opps), peneliti bedah tulang yang hobi mengoleksi sumsum tulang, peneliti sukses yang mengembangkan bisnis ternak mencit, peneliti yang seharian hanya ‘meneropong’, peneliti paling rajin yang slalu datang paling pagi, hingga peneliti yang sering menjadi juru kunci alias yang sering pulang paling akhir.

Pokoknya tiap hari pasti ada cerita baru, baik itu berita duka atas ‘kehilangan’ atau kematian anak (red: mencit atau tikus) ataupun berita gembira yang berat badan anaknya naik atau pengolahan datanya menunjukkan ‘perbedaaan yang nyata’.

semua itu hanya ada di sini.. FARMAKOLOGI

DSC02191

*Semangat buat teman2 seperjuanganku..

** bersambung ke part 2

16 thoughts on “Ada cerita di lab. farmakologi part 1

    1. ada kesalahan wordpress nih… semestinya komen di atas adalah sbb:

      Nar… *peace….

      – “labor ini masih berdiri utuh” –> kalimat ini rawan memancing komentar:mrgreen:
      – labor ini sangat dekat dengan kematian… cocok untuk dzikrul maut, dan cocok juga untuk mensyukuri nikmat hidup
      – peneliti yang kerjaannya meneropong –> tukang intip (pasti hobi jepret-jepret juga…)
      – potonya tidak representatip

  1. ryan…

    di farmakologi saja penelitiannya.. fasilitas lengkap..
    ada ngenet g*atis, ruang istirahat untuk tidur siang, pemanas air bwt bkn teh panas, home theater kalo lg suntuk..
    komplit.. *ngiklan:mrgreen:

  2. elisaaa… ihiiiii jadi tersanjung d bilang peneliti multitalented… kalo juru kunci lab masih ada yg pemecah rekor, bukan aq lagiiii… hahahayyyyy

  3. jyaaa..
    kak dila mampir.. horray..
    jd tersanjung jugaa..😆

    hehe… difoto pke ‘kamera penipu’, kak..
    multitalented?? hahaaaa ngaku2..😛

    sering ksn y kak..

  4. salam …. nama saya hasim nonci, saya adalah mahasiswa arsitektur dari uin alauddin makassar,,, boleh bertanya nga masalah gedung farmakologi yang berdiri sendiri di luar dari universitas, itu ada tidak yah,, klu ad tolong infonya yah… tanks sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s