???

Apa yang kau akan lakukan jika kau baru menyadari bahwa kau melukai satu, dua atau lebih orang?
Apa langkahmu bila kebenaran yang selama ini kau tunggu malah datang terlambat? Sama terlambatnya seperti jejak yang senantiasa mengekor langkah.
Bagaimana perasaanmu jika ternyata kebenaran itu berpihak padamu? Kebenaran yang memantik terkaan polos, sengaja berpihak pada diri, dengan menghubungkan hal-hal absurd menjadi puisi.
Ah, aku memang terlalu naif, dulu. Dulu sekali
Membangun mimpi dari gumpalan atensi dan peduli. Lalu perlahan menguap setelah memaknai arti atensi, yang baginya adalah cerminan pribadi diri. Tidak istimewa, biasa saja, karena ditebar rata kepada sesama saudara.

Dan sekarang, aku bangun dari mimpi itu, mencoba menghidupkan mimpi.
Sekarang mimpiku tidak senaif dulu, pikiranku tidak se-absurd dulu
memetakan hidup bersama langkah yang baru.

Dan, teman, izinkan aku bertanya lagi
Apakah aku salah bila meninggalkan mimpi dan harapan yang dulu ku anggap absurd?
Apakah aku yang tidak sabar menunggu? menunggu kebenaran yang dulunya aku ragukan.
Aku berusaha untuk tidak melukai semua orang. Kau, Mereka, Dia, dan Aku sendiri
Jika ternyata aku tetap salah. Dengan nama Tuhanku dan kau, Maafkan aku. Maaf.
Setidaknya, kau bisa menggapku saudara. Bukankah sesama muslim kita bersaudara.?

Leave a Reply

