Bulan madu Turki: Mengapa?

Yaay.. seperti janji saya kemarin, saya mau sharing tentang bulan madu kami di Turki. Ini sebenarnya udah cita-cita kebawa mimpi ama saya. Bukan pengen lagi, tapi pengen banget kesana. Alhamdulillah terwujud bersama seseorang yang spesial.

So, mari kita mulai dari pertanyaan sederhana. Why Turkey?

– Alesan ‘Bucket list’

20141125_081413

Yepp, saya ama suami paling banyak ditanya ginian ama keluarga, teman-teman, atasan, kucing tetangga (?) sampai rumput ikutan nanya *becanda*. Sebenarnya saya si yang mau ke turki, banyak tempat dan atraksi di turki yang masuk bucket list saya. Cowo saya mah pengennya ke New Zealand. Bahkan si cowo mulai ngeracunin pikiran saya dengan foto-foto di New Zealand yang subhanallah, Indahnya level dewa. Saya sempat tergiur dan akhirnya mulai beralih browsing tentang New Zealand. Namun, setelah dipertimbangkan dari biaya (maklum, tight budget traveler), karena kami pengennya ke New Zealand explore-nya pake campervan yang harganya buncit, pilihan dijatuhkan ke Turki.

– Tiket pesawat

20150820_152345

Dibandingkan ke New Zealand, pilihan maskapai untuk terbang ke turki lebih beragam. Mulai dari maskpai timur tengah macam emirates, etihad, turkish airlines, and qatar airways hingga maskapai asia macam Malaysia airlines yang juga menwarkan promo yang kadang bikin mupeng. Bahkan kami hampir mendapatkan tiket qatar airways rute KUL-IST-CGK dengan 1217 MYR *murahnya pake banyet*. Hanya karena telat 2 jam, kami harus merelakannya dan cukup puas dengan tiket etihad rute yang sama seharga 1500 MYR. Info lebih lanjut ntar saya tulis di bagian “preparation” yak.

– Transportasi dan akses yang 3m (Murah, mudah, dan menyenangkan)

kamilkoc-2
www.yildizhaber.com.

Di turki, trasnportasi antar kota dan di dalam kota sangat mudah dan nyaman (di kantong). Mulai dari pesawat, kereta, bus, dan trem. Bahkan kami berhasil mendapatkan tiket pesawat dari istanbul ke kayseri hanya seharga tiket bus. Untuk berpindah kota, anda bisa menggunakan bus dengan pilihan armada yang beragam. Saya sih setia ama kamilkoc, karena kesan pertama ama armada ini, kereen cuyy. Untuk di dalam kota, seperti istanbul, tersedia trem dan metro dengan jalur yang mudah dipahami, tidak seperti saat saya browsing metro and subway map di tokyo.. huh, dahi saya langsung keriput lho.

– Penginapan yang murah dan nyaman

IMG_2176 (Copy)
Penginapan di cavusin

Harga penginapan kami selama di turki hampir sama dengan di Indonesia. Malah kami beruntung banget bisa dapat kamar apartemen dengan dapur di istanbul hanya seharga 400an ribu.

– Makanan dan minuman halal

IMG_2253

Insya Allah sebagian besar makanan di turki halal karena mayoritas penduduknya muslim. Ini adalah hal penting bagi traveler muslim. Selain halal, faktor enak di lidah juga berperan besar dalam menciptakan perjalanan yang menyenangkan. Alhamdulillah makanan dan minuman di turki cukup enak (bagi saya dan si cowo).

– Surga bagi pecinta sejarah islam

IMG_3593

Turki bukan hanya kaya dengan keindahan alam tetapi juga peninggalan sejarah. Istanbul merupakan representatif dari keseluruhan turki yang menurut saya merupakan kota yang ngangenin (?). Di istanbul terdapat mesjid biru, yang dibangun oleh sultanahmet, Aya sophia yang merupakan bukti damainya islam, serta topkapi palace yang menyimpan beragam peninggalan sejarah seperti pedang rasullulah dan teman-teman beliau.

– Pengurusan visa yang praktis

20150820_152635

Bagi pemegang pasport indonesia, Visa kunjungan ke turki dapat diperoleh dari rumah sahaja, cukup dengan 20 USD, visa sudah di kantong.. praktis banget kan.

Dan banyak-banyak alesan-alesan kecil yang membuat kami memilih turki. Jadi, apakah anda berencana ke turki?

One thought on “Bulan madu Turki: Mengapa?

Leave a Reply

